About

Selamat datang di Blog Sederhana yang menyajikan seputar Kurikulum 2013 pendidikan Agama islam dan Budi pekerti atau Perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Analisis Kompetensi, format penentuan KKM, Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian, Penettapan Indikator dan Pencapaian Kompetensi, Analisis Keterkaitan antara SKL, KI, KD dan materi pembelajaran, kalender pendidikan, Analisis Alokasi waktu, Program Tahunan, Program Semester. untuk seluruh Mata pelajaran Al-Quran hadist, Akidah Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Ilmu Tafsir,Ilmu hadist dan Ilmu Kalam untuk tingkat MI, MTs dan MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
 
Hal ini selaras dengan Tujuan di adakannya Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2017 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) adalah untuk:
1. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan literasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
2. Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan literasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
3. Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
 
Dan Hasil yang diharapkan dari pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2017 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) adalah :
1. Guru PAI dan Budi Pekerti yang memiliki keterampilan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
2. Guru PAI dan Budi Pekerti yang mampu memfasilitasi pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan literasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
3. Guru PAI dan Budi Pekerti  yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan program/aktivitas  pembelajaran yang mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Untuk lebih memahami Implementasi Kurikulum 2013, Guru sangat dianjurkan untuk membaca Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013, serta lampiran-lampirannya antara lain KI, KD, Silabus, dan Pedoman Mata Pelajaran. Selain itu Guru dianjurkan juga untuk memahami buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter dan naskah-naskah yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA, antara lain sebagai berikut.
1. Panduan Penyusunan RPP
2. Panduan Analisis Kompetensi
3. Model-Model Pembelajaran
4. Panduan Muatan Lokal
5. Panduan Penilaian
6. Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Sekian dan terima Kasih